Apakah kamu pengguna iPhone? Jika iya, pastinya kamu sering dong mengeluh karena penyimpanan memori internalnya yang memang terbatas. Nah, yang menjadi penghambatnya lagi, iPhone tidak menyediakan memori tambahan! Pastinya kamu jadi tidak bisa menggunakan memori eksternal untuk menambah kapasitas penyimpananmu.

Biasanya cara paling umum untuk menangkal masalah ini adalah menghapus foto serta video yang tersimpan dalam iPhone. Solusi ini biasanya dilakukan karena file ini memang paling banyak memakan kapasitas dari memori internal. Tapi, ternyata masih ada cara lain loh. Kamu bisa membuat penyimpanan filemu cukup tanpa harus menghapus foto dan videomu. Tertarik? yuk, langsung kita scroll ke bawah!

1. Lakukan pemeriksaan sisa kapasitas penyimpanan

Untuk mengetahui apakah ruang penyimpanan internal dari iPhone masih ada atau tidak, maka periksalah terlebih dahulu kapasitasnya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Umum > Penggunaan Penyimpanan & iCloud > Kelola Penyimpanan. Untuk melihat informasi yang lengkap, ketuk aplikasi dari daftar. Data Cache dan sementara mungkin tidak dihitung sebagai penggunaan.

Nah, saatnya menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Jika kamu merasa ada beberapa aplikasi yang jarang terpakai atau tidak terpakai, maka segera saja hapus aplikasi tersebut untuk menambah ruang penyimpananmu kembali.

Kamu juga dapat menggunakan iTunes untuk memeriksa penyimpanan di perangkat iOS, caranya adalah :

      1. Buka iTunes di komputer kamu.
      2. Sambungkan perangkat ke komputer.
      3. Di iTunes, pilih perangkat. Kamu akan melihat panel yang menampilkan jumlah memori yang dipakai untuk konten iOS yang terbagi atas jenis konten.
      4. Klik mouse ke jenis konten, misalnya Lainnya atau Aplikasi untuk mengetahui informasi selengkapnya.

        1. Audio: Lagu, podcast audio, buku audio, memo suara, dan nada dering
        2. Video: Film, video musik, dan acara TV
        3. Foto: Konten Rol Kamera, Stream Foto, dan Perpustakaan Foto
        4. App: Aplikasi yang terinstal. Konten aplikasi terdapat dalam Dokumen & Data.
        5. Buku: Buku iBooks, buku audio, dan file PDF
        6. Dokumen & Data: Daftar Baca Safari Offline, file yang tersimpan dalam aplikasi terinstal dan konten aplikasi seperti kontak, kalender, pesan, dan email (beserta lampirannya)
        7. Lainnya: Pengaturan, suara Siri, data sistem, dan file dalam cache

2. Backup file-mu dengan iCloud

Jika setelah diperiksa, tenyata kapasitas dari iPhone yang paling berat memang dari file foto atau video, maka kamu dapat memback-up file tersebut ke iCloud. iPhone mempunyai layanan iCloud sendiri agar penggunanya bisa menyimpan data mereka secara online. Cara mengaktifkannya, buka Pengaturan -> iCloud -> Penyimpanan & Backup dan switch dari off ke on.

Setelah fitur iCloud aktif, maka iPhone akan membackup secara otomatis dengan keadaan :

Setelah kalian mengaktifkan fitur iCloud pada iPhone/iPad/iPod Touch, setiap harinya iCloud akan membackup otomatis dalam keadaan :
– iPhone terhubung dengan Wi-Fi
– iPhone dalam keadaan pengisian baterai
– Lock Screen di iPhone Aktif

Jika tidak ingin iCloud bekerja otomatis, kamu bisa melakukan secara manual. Caranya : Pengaturan -> iCloud -> Penyimpanan & Backup. Switch iCloud Backup ke posisi off. Kemudia ketik Backup Sekarang. Proses dari Backup akan berjalan, tunggu hingga berjalan selesai.

Pemanfaatan dari iCloud ini akan membantumu untuk tidak kerepotan dalam menghapus files yang kapasitasnya hampir memenuhi ruang penyimpanan internal. Jika iCloud tidak cukup, kamu bisa menyimpannya di layanan penyimpanan online seperti Dropbox atau Google Drive.

3. Berhenti melakukan penyimpanan teks 

Kalau kamu tidak mengatur pengaturan iMessages, maka setiap obrolan yang kamu lakukan di aplikasi pesan akan secara otomatis tersimpan di dalam memori. Biar tidak memenuhi memori internal,sebaiknya kamu tidak mengatifkan penyimpanan otomatis dari pesan ini.

Caranya, adalah buka Pengaturan > Pesan > Pesan Tersimpan. Pilihlah jangka waktu untuk menyimpan pesan yang kamu inginkan. Jangan memilih Selamanya, soalnya ini akan membuat pesanmu tersimpan selamanya di ruang penyimpanan internal.

4. Hapus cache dan temporary file

Cara sederhana yang dapat kamu lakukan supaya penyimpanan internal iPhone tidak penuh adalah menghapus cache dan temporary file. Sama seperti di komputer, iPhone juga menghasilkan  cookies dan cache. Jadi jika tidak dihapus, akan segera memenuhi ruang penyimpananmu.

Cara menghapus cache dan temporary file yang ada pada penyimpanan iPhonemu yaitu  Pengaturan > Safari > Membersihkan Riwayat dan Data Website. Dijamin deh, setelah dihapus, kapasitas dari iPhone kamu bakal bertambah.

Untuk membersihkan cache data aplikasi :

  1. Masuk iTunes store
  2. Pilih film yang kapasitasnya melebihi kapasitas  penyimpanan bebas iPin.
  3. pilih sewa
  4. Nanti keluar notifikasi gagal karena penyimpanan iPin tidak muat, pilih OK.
  5. Tunggu saja 1-5 menit, proses pembersihan selesai dan lihat hasilnya.
  6. Penyimpanan secara otomatis akan bertambah

Cara ini cuman akan berhasil kalau memang yang menuhin penyimpanan iPhone adalah cache data-data dari aplikasi. Silahkan dicoba ya ! 🙂