Deretan fitur apik iOS 11 yang patut dicoba oleh para pengguna Apple memang menampilkan hal-hal baru di luar dugaan. Pasalnya sejumlah fitur baru memukau yang dimiliki iOS 11, telah dibeberkan oleh Apple pada perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) yang lalu.

Menurut informasi yang diwartakan dari detikinet, perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) yang telah digelar pada 05 Juni 2017 di San Jose Convention Center, pihak Apple memperkenalkan begitu banyak update yang ditanamkan pada iOS 11. Pembaruan tersebut bakal memberikan pengalaman yang lebih menarik pada pengguna iDevice. Lantas, apa saja pembaruan yang diperkenalkan pada WWDC 2017 kemarin? Penasaran… Berikut fitur baru yang dihadirkan Apple pada iOS 11:

– iPhone

iPhone memang layak menyandang predikat ponsel pintar yang dibangun dengan beberapa fitur memukau. Sampai saat ini, ponsel pintar tersebut memang telah mengembangkan banyak aplikasi maupun fitur yang tidak kalah menarik dari para pesaingnya. Nah, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang ditanamkan pada iOS 11 iPhone, berikut diantaranya:

* iMessage

Kini pengguna akan lebih mudah mengakses aplikasi iMessage dengan hadirnya app drawer yang terdapat di bagian bawah layar. iMessage juga menghadirkan berbagi stiker, dan emoji menarik yang dapat diakses dengan menggesek app drawer yang telah didesain ulang.

Sinkronisasi antar perangkat pun menjadi lebih baik dari versi iOS pendahulunya. Selain itu, iMessage juga terintegrasi dengan Apple Pay yang membuat pengguna dapat melakukan pembayaran secara langsung dari aplikasi perpesanan.

* Siri

Melansir laman TIME.com, rilis Siri sebagai personal assistant iPhone kini dibuat semakin natural. Gunanya untuk apa? Agar asisten digital Apple dapat menerjemahkan input suara yang kita berikan. Dan berkat teknologi on-device learning, Siri juga dapat menebak apa yang akan diminta pengguna selanjutnya. Siri pun akan memberikan saran dari Apple News, lokasi dan lainnya.

* Camera

Selain melakukan pembaruan pada aplikasi Siri maupun iMessage, Apple juga melakukan pengembangan yang lebih mumpuni pada aplikasi Camera. Dengan pengembangan yang diterapkan, maka anda tidak perlu khawatir terhadap kapasitas Video yang akan menguras ruang penyimpanan. Dalam hal ini, Apple telah menanamkan teknologi kompresi terbaru yang akan mengompresi file berukuran besar seperti video.

Disamping kompresi video, Apple juga meningkatkan kualitas jepret foto di kondisi kurang cahaya berkat pengintegrasian OIS (Optical Image Stabilization), True Tone Flash dan HDR (High Dynamic Range). Bahkan hasil pemotretan dapat diedit menjadi sebuah film loh.

* Control Panel

Control panel atau yang lebih dikenal dengan control center pada iOS 11 juga menghadirkan lebih banyak kustomisasi. Kustomisasi ini nantinya akan memberikan akses cepat ke pengontrolan yang sering digunakan pada satu halaman. Dan dengan pengintegrasian Lock Screen terbaru, maka itu dapat memberikan cara yang lebih gampang untuk memantau notifikasi di satu tempat.

* Home Kit

Home Kit merupakan fitur dari Apple yang menambahkan dukungan speaker. Apple turut memperkenalkan AirPlay 2 sebagai speaker yang dapat diatur dengan suara multi-ruangan. Dan agar anda dapat lebih mudah untuk mengontrol volume suara speaker, maka anda dapat menggunakan Siri untuk membuka Control Center.

* Apple Music

Selain bagian kustomisasi, Apple juga tidak kalah dengan pesaingnya dalam hal menjelajahi musik. Apple music yang terintegrasi dengan iOS 11, juga dapat digunakan untuk membuat profil sehingga teman anda dapat mengikuti, serta berbagi playlist yang dibuat.

* Apple Maps

Dari sekian banyak fitur apik yang dirilis oleh Apple, kami merasa Apple Maps dapat menjadi fitur unggulan yang mempermudah anda menjelajahi suatu wilayah. Mengapa kami mengatakan demikian? Karena fitur ini menyajikan rincian sejumlah bandara dan pusat perbelanjaan yang lebih lengkap dari versi sebelumnya. Pada fitur ini juga terdapat batas kecepatan dan panduan jalur yang telah ditambahkan ke dalam navigasi. Bukankah itu sangat menarik apabila anda dapat pergi ke bandara melalui panduan jalur layaknya GPS (Global Positioning System)?

Menariknya lagi, anda dapat menggunakan mode Do Not Disturb While Driving yang akan mematikan tampilan layar secara otomatis ketika sedang mengemudi. Ini berarti notifikasi yang sangat mengganggu konsentrasi mengemudi anda tidak akan ditampilkan saat mengemudi. Sehingga hal tersebut dapat membuat anda meminimalisir risiko kecelakaan.

* Apple News

Mengemudi dengan penunjuk jalan dari Apple Maps memang sangat menarik, akan tetapi bagaimana jika anda dapat mengakses berita yang dipilih setiap hari oleh editor Apple News di tab Spotlight? Ya, fitur ini dapat membuat anda tetap up to date dengan video terbaik yang terdapat di Today View. Untuk mengakses informasi seputar Apple News, maka anda dapat memberikan perintah suara ke Siri untuk menampilkan rekomendasi informasi kepada anda.

* App Store

Kali ini, pada App Store yang terdapat di iOS 11 sangat berbeda dengan versi pendahulunya. Pada aplikasi ini pengguna dapat menemukan aplikasi dan permainan lebih mudah dari sebelumnya. Dan yang menariknya lagi, App Store akan menampilkan kisah di balik pengembangan sebuah aplikasi dan game. Bukankah itu sangat menarik jika dapat membaca rubrik mengenai kisah pengembangan aplikasi maupun game?

* One Hand Keyboard

Mengetik dengan menggunakan sepuluh jari sudah merupakan hal yang biasa. Namun, bagaimana rasanya jika anda dapat mengetik dengan satu jari pada keyboard virtual iPhone? Yap, kini Apple juga telah memperbarui typing virtual menjadi lebih mudah bagi pengguna. Fitur tersebut dikenal sebagai One Hand Keyboard yang menyajikan variasi simbol untuk memudahkan pengguna dalam mengirim pesan.

* Augmented Reality (AR)

Fitur lainnya dari Apple yaitu Augmented Reality. Ini adalah platform baru yang dikembangkan Apple khusus untuk membantu pengguna merasakan pengalaman AR terbaik dari iPhone.

ARKit memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan teknologi komputer visual yang berfungsi untuk membangun konten virtual menjadi lebih menarik.

Tak dapat dipungkiri, platform ini juga dapat digunakan untuk menciptakan permainan yang interaktif, serta pengalaman berbelanja yang lebih baik, desain industri dan lain sebagainya.

– iPad

Tidak hanya diaplikasikan pada iPhone, iOS 11 juga turut mengembangkan berbagai fitur multitasking di iPad menjadi lebih baik dari versi terdahulunya. Dalam hal ini, anda akan menemukan sebuah Dock baru yang dapat disesuaikan serta menyediakan akses cepat ke aplikasi dan dokumen yang sering dipergunakan. Di sisi lain, kemampuan Split View juga turut ditingkatkan. Dan dengan dihadirkannya dukungan drag dan drop, maka anda juga dapat dengan mudah memindahkan konten antar aplikasi.

Untuk aplikasi File, anda dapat mengakses data dalam satu tempat. Baik itu file yang disimpan secara lokal, maupun iCloud Drive atau penyedia lain seperti Box, Dropbox dan lain sebagainya, dapat memudahkan pekerjaan anda untuk bekerja pada satu tempat.

Well, itulah pembahasan mengenai deretan fitur apik iOS 11 yang patut anda coba. Dijamin deh beberapa fitur yang telah kami jelaskan dalam artikel ini, tidak akan mengecewakan anda sekalian. Atas kunjungan beserta perhatian yang dicurahkan para pembaca, maka kami sebagai penulis mengucapkan terima kasih. Enjoy your life guys… See you in the next article. Have a nice day.