Apple merilis iPhone X sebuah iPhone spesial yang khusus untuk dihadirkan pada ulang tahun iPhone ke 10. Tidak heran jika nama iPhone X dibaca sebagai “iPhone Ten” di mana X merupakan representasi dari angka 10 serta penegasan akan banyak sekali kelebihan dan fitur baru iPhone X. Sebagai sebuah iPhone terbaru dan paling spesial yang pernah ada, tentu saja Apple menyematkan banyak fitur baru di iPhone X. Seperti apa sih fitur iPhone X dan juga kelebihan iPhone X dibandingkan dengan iPhone sebelumnya? Ada 8 fitur baru di dalam iPhone X yang bisa dijadikan keunggulan utama smartphone Apple yang satu ini. Apa saja kah itu?

Kelebihan iPhone X

  • A11 Bionic

Perangkat baru tentu saja hadir dengan prosesor yang unggul pula. Kali ini, Apple menyematkan A11 Bionic sebagai prosesor baru untuk iPhone X, prosesor yang sama juga digunakan di iPhone 8 dan juga iPhone 8 Plus. Prosesor baru ini punya banyak sekali fitur unggulan dan unik jika dibandingkan dengan prosesor sebelumnya. MacPoin sudah membahasnya di dalam artikel yang membahas tentang iPhone 8 di sini

  • Desain

iPhone 8 dan 8 Plus mengusung frame alumunium dan material casing belakang dari kaca. Opsi warna yang disediakan meliputi silver, space grey dan gold. iPhone 8 lebih kecil dan lebih ringan. Dimensinya 38,4 x 67,3 x 7,3 mm dengan berat 148 gram. Adapun iPhone 8 Plus lebih besar dan tentunya lebih berat. Dimensinya 158,4 x 78,1 x 7,5 mm dan berat 202 gram.

iPhone X bagian belakangnya dari kaca namun frame dari bahan stainless steel surgical grade. Ia hanya punya dua pilihan warna, silver serta space grey. Dimensi iPhone X 143,6 x 70,9 x 7,7 mm seberat 174 gram. Ketiga model memiliki port Lightning di bagian bawah dan speaker, tombol power di kanan, volume di kiri dan tidak ada yang punya colokan 3,5 mm buat headphone. iPhone 8 punya lensa kamera tunggal, sedang iPhone 8 Plus dan iPhone X kameranya ganda. Bedanya, kamera ganda iPhone 8 Plus horisontal dan iPhone X vertikal.

Secara desain, iPhone 8 dan 8 Plus agak mirip iPhone 7 dan 7 Plus serta masih mengusung TouchID. Sementara iPhone X layarnya penuh dan menanggalkan TouchID, digantikan FaceID.

  • Layar

iPhone 8 layarnya 4,7 inch LED-backlit Retina HD resolusi 1.334 x 750 pixel dengan kepadatan pixel 326ppi. iPhone 8 Plus bentangnya 5,5 inch LED-backlit Retina HD resolusi 1.920 x 1.080 pixel dengan kepadatan pixel 401ppi. iPhone X layarnya paling besar, 5,8 inch OLED resolusi 2.436 x 1.125 pixel dengan kepdatan pixel 458ppi. Membuatnya tampil paling cemerlang dan paling tajam. Ketiganya dibenamkan teknologi True Tone yang bisa menyesuaikan tingkat brightness serta 3D Touch. iPhone X kompatibel HDR dan Dolby Vision, yang tidak dimiliki iPhone 8 dan 8 Plus.

  • Hardware dan Software

Semua model ditenagai prosesor anyar yang dijuluki A11 Bionic ditambah prosesor pendamping M11. Belum ada informasi soal RAM, tapi kabarnya iPhone 8 2 GB kemudian iPhone 8 Plus dan iPhone X 3 GB. Memori internal ketiganya ada opsi 64 GB dan 256 GB. Semuanya juga mengusung kapabilitas isi ulang nirkabel dan fast charging. Adapun kapasitas baterai belum diumumkan. Dari sisi software, ketiganya menjalankan iOS 11.

  • Kamera

iPhone 8 punya kamera tunggal 12 megapixel aperture f/1.8, OIS dan 5x digital zoom. Lalu iPhone 8 Plus kamera belakangnya ganda dengan format horisontal, keduanya 12 megapixel. Ada sensor wide angle aperture f/1.8 dan sensor telephoto aperture f/2.8. Disertakan OIS dan optical zoom serta digital zoom sampai 10x. iPhone X sama-sama kameranya ganda dengan format vertikal. Spesifikasinya kurang lebih sama seperti kamera ganda iPhone 8 Plus tapi ada kelebihan dual OIS.

Ketiganya punya flash yang disebut Quad-LED True Tone. Kamera depan iPhone 8 dan 8 Plus 7 megapixel dengan aperture f/2.2. iPhone X juga sama secara spek, tapi ada kelebihan bisa mengenali wajah untuk FaceID. Seluruh varian bisa merekam video 4K up to 60fps dan slow motion up to 240fps. Sementara kamera depan dapat merekam sampai resolusi 1080p.

  • Dual OIS

Meski sama-sama mengusung lensa ganda, iPhone X memiliki keunggulan ketimbang saudaranya iPhone 8 Plus. Alasannya, Apple membekali iPhone X dengan optical image stabilization (OIS) di kedua lensa. Sementara iPhone 8 hanya memiliki OIS di lensa wide angle.

Selain OIS, lensa tele iPhone X juga mampu menangkap gambar lebih baik. Sebab, berbeda dari iPhone 8 Plus yang memiliki aperture f/2.8, iPhone X memiliki lensa tele dengan aperture f/2.4 untuk menghasilkan gambar lebih baik dalam keadaan low light.

  • Face ID

Mengingat iPhone X mengusung desain bezeless, Apple pun memilih meniadakan tombol fisik yang biasa digunakan untuk membuka perangkat. Sebagai gantinya, perusahaan tersebut memperkenalkan fitur Face ID. Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan pemindaian wajah pengguna. Untuk mendukung kinerja, Apple pun menggunakan teknologi baru bernama TrueDepth yang terdiri kamera dan sejumlah sensor untuk memindai wajah.

  • Harga

iPhone 8 adalah yang termurah di antara ketiganya, dengan harga mulai USD 699 untuk versi 64 GB. Diikuti iPhone 8 Plus di mana banderolnya mulai USD 799. Dan tak mengejutkan kalau yang termahal adalah iPhone X, dijual mulai USD 999. Harga iPhone X memang lebih mahal, tapi ponsel ini memiliki banyak fitur lain yang mungkin membuat harga mahal itu layak. Dan berikut video keunggulan iPhone X.