Semakin berkembangnya teknologi, gaya kehidupan manusia pun dipaksa untuk mengikuti perkembangannya. Salah satu contohnya saja datang dari alat telekomunikasi yang ada semakin maju. Jika dulu kita hanya mengenal handphone yang hanya digunakan untuk menelpon dan ber-sms, maka sekarang kita akan dimanjakan berbagai fitur yang sangat memudahkan kita dalam segala hal. Handphone tersebut pun dipanggil menjadi smartphone.

Kemunculan Smartphone pertama kali

Smartphone yang juga mempunyai arti sebagai ponsel cerdas adalah telpon genggam yang disenjatai dengan kemampuan yang sudah menyerupai komputer. Sebenarnya ponsel cerdas sudah dimunculkan untuk waktu yang sudah cukup lama yakni pada tahun 1992 oleh IBM pada sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Ponsel cerdas tersebut dinamakan Simon.

Berbeda dengan telpon genggam yang ada saat itu, ponsel cerdas tersebut sudah memakai sistem yang sudah menggunakan layar sentuh. Simon juga dilengkapi dengan tongkat stylus yang berguna untuk mengetik seandainya penggunanya tidak mau memakai jari dalam mengoperasikan smartphone tersebut.

Dengan adanya kemunculan Simon, Nokia yang pada saat itu merupakan salah satu brand ternama yang menguasai industri handphone memunculkan ponsel cerdas pertama mereka yang dimulai dari Nokia 9000 pada tahun 1996.

Hal itu kemudian diikuti dengan kemunculan Blackberry, iPhone dan juga ponsel cerdas lainnya dengan berbagai brand yang hampir memiliki fungsi yang sama.

Perbandingan Pemakaian iPhone dengan smartphone lainnya

Jika didata dalam penggunaan ponsel cerdas di dalam penggunaan telpon genggam, sudah tidak dapat dipungkiri dimana hampir 90% penduduk dunia sudah menggunakan smartphone di dalam hidup mereka. Sangking banyaknya, sampai anak-anak yang seharusnya belum waktunya untuk memakai telpon genggam sudah tidak aneh jika terlihat memegang smartphone di tempat umum. Nah, jika disurvei lagi dalam pemakaian produk, mungkin masih banyak yang menggunakan Android daripada merek iPhone.

Akan tetapi seiring dengan perlombaan penggunaan spesifikasi dari smartphone, banyak orang yang telah mempertimbangkan untuk memakai iPhone sebagai teman hidupnya. Berpusat di Amerika Serikat, pihak Apple telah menjadikan negara tersebut sebagai pengguna iPhone terbanyak di dunia. Negara Asia dan Eropa lainnya juga mulai meluas untuk menggunakan iPhone.

Sebenarnya itu semua memiliki alasan tersendiri kenapa mereka lebih memilih iPhone daripada smartphone lain. Dimulai dari kebutuhan, gaya dan juga alasan lain menjadikannya sebagai faktor pembedanya untuk memilih produk tersebut. Penasaran? Yuk, kita lihat apa saja yang menjadi keunggulannya.

Keunggulan iPhone dibandingkan dengan Android

1. Aplikasi eksklusif dari Apple

Bagi pengguna iPhone, tentunya sudah tidak asing dengan iMessages, iCloud, FaceTime dan juga beragam aplikasi eksklusif lainnya. Akses untuk aplikasi eksklusif dari Apple ini hanya diberikan pada pengguna iOS. Tentu saja pengguna Android lainnya tidak memiliki akses untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Jika dilihat dari bagian Android sendiri, secara umum mereka sama sekali tidak memiliki banyak fitur eksklusif. Kebanyakan fitur tersebut hanya fitur khas vendor yang bahkan tidak bisa digunakan pada smartphone lain meskipun sama-sama memiliki kemampuan Android.

2. Update iOS lebih baik

Dalam sistem Android, tidak semua penggunanya dapat menikmati software secara update. Faktornya dikarenakan kebijakan dari setiap vendor yang jelas berbeda-beda meskipun sistem operasinya yang open source. Berbeda dengan Android, iOS yang merujuk kepada close source malah selalu mendapatkan update iOS secara rutin. Contohnya saja iPhone 5 yang sudah berada di usia 4 tahun saja masih mendapatkan iOS 10 terbaru. Tentu saja ini membuat pemakainya tidak akan ketinggalan jaman tanpa menggantinya ke smartphone yang lebih baru.

3. Keamanan tingkat tinggi

Untuk masalah keamanan, iPhone berada di posisi atas. Hal itu menjadi sebab bagi mereka pengguna iPhone untuk lebih berbangga dikarenakan keamanan data yang tersimpan di dalamnya sangat kuat. Android dikenal sebagai smartphone yang rentan dalam celah keamanan apalagi jika sudah melakukan root.

4. Menghindari ancaman virus dan malware

Bagi pengguna Android, mereka memang diuntungkan dengan kemudahannya dalam menginstal aplikasi dalam smartphonenya. Namun perlu diketahui, tidak semua toko aplikasi memberikan aplikasi nyata dan malahan menjebak orang yang mendownloadnya untuk memelihara virus dan malware dikarenakan aplikasi yang didapat berasal dari sumber yang tidak jelas.

Berbanding terbalik dengan pesaingnya, iPhone hanya menyediakan aplikasi yang bisa didownload melalui App Store. Aplikasi yang terdapat pada App Store sudah dikurasi dengan baik dan memberikan jaminan yang lebih baik dan aman.

5. Penyediaan dukungan dari Apple lebih baik

Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi Apple Indonesia, boleh untuk mencoba mengunjungi website tersebut. Kalian dapat membandingkannya dengan beragam vendor smartphone lainnya dimana pihak Apple memberikan informasi yang lebih lengkap baik itu dari produknya, tempat penjualan produk, panduan sampai juga dengan trouble shootingnya yang dibahas sangat detail.

Jika dibandingkan lagi dengan Android, kebanyakan dari vendor mereka hanya didedikasikan untuk penjualan saja. Dalam hal penyajian serta informasi terasa sangat kurang. Untuk tambahan dalam memberikan dukungan tentang produk Apple, mereka mengutuskan anggota mereka yang sudah dilatih secara khusus yang dinamakan dengan Genius Bar.

Orang-orang tersebut memang sudah dilatih secara langsung untk memberikan pelayanan maksimal dengan membuat janji bertemu dan datang ke Apple Store. Di Indonesia, memang belum disediakan Genius Bar, namun beberapa Apple Premium Reseller memberikan jasa dukungan yang tidak kalah bagus dengan Genius Bar.

6. Nama versi Android yang sangat banyak

Semakin berkembangnya versi Android, maka semakin banyak nama baru yang bermunculan. Hal ini pasti membuat penggunannya bingung untuk membedakan versi dan perbedaannya. Ada kalanya aplikasi atau game menjadi tidak support untuk sistem operasi Android tertentu. Karena tidak mau bingung dengan banyak macam nama dari versi Android, maka pengguna smartphone menjadikan alasan tersebut untuk lebih memilih iPhone dibanding Android.

7. Performa Mesin yang lebih baik

Meskipun memiliki spesifikasi yang mini dibandingkan dengan smartphone Android, iPhone memiliki peforma yang sangat baik dengan processor dan ram iPhone yang kecil. Tidak tanggung-tanggung, dengan hanya dukungan dualcore dan RAM 1 GB iPhone sudah dapat menjalankan aplikasi berat seperti game HD tanpa lemot.

8. Sangat sulit untuk di Copy

Smartphone replika sudah bukan menjadi hal yang rahasia untuk di pasar smartphone. Untuk replika iPhone, memiliki sangat banyak kekurangan dibandingkan aslinya. Walaupun mempunyai kemiripan fisik yang tinggi, tetap saja supercopy atau replika dari smartphone tidak sanggup untuk menyamai produk aslinya dikarenakan sistem operasi pada iPhone hanya bisa digunakan pada produk Apple.

Nah, itulah sedikit infomasi yang dapat saya ulas mengapa produk iPhone lebih baik daripada Android lainnya. Mungkin kalian masih bingung dalam pemilihan smartphone dalam pemakaian sehari-hari. Tidak usah bingung, setiap produk baik itu Android atau iPhone pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pilihlah smartphone sesuai dengan budget yang kalian miliki.